Hindari Hal-Hal Kayak Gini Kalau Lo Mau Bahagia Liburan di Bali!

Setuju nggak kalau Bali merupakan salah satu surga dunia yang terindah?

Yap, Bali adalah sebuah pulau yang menyajikan segala hal yang akan membuat lo bahagia. Mulai dari keindahan pemandangan, penduduk asli yang ramah, makanan yang lezat, barang-barang unik, wahana-wahana menarik, sampai bentang alam yang variatif, semuanya bisa lo temukan di Pulau Dewata inim

Enggak heran dong kalau banyak turis mancanegara yang suka banget liburan di Bali? Kabar baiknya lagi adalah, lo juga bisa menemukan banyak tempat makan, tempat main, dan tentunya penginapan murah tapi super nyaman dan strategis di Bali. Jadi, wajar aja kalau turis-turis berbagai negara empat musim selalu stay di Bali dalam waktu lama saat negara mereka tengah mengalami musim dingin.

Cuma, nih, kalau lo melakukan beberapa kesalahan fatal, alih-alih nyenengin, liburan lo di Bali bisa jadi malapetaka dan bikin lo stress. Iya, enggak percaya? Yap, siapa sih yang mau liburan berjalan dengan buruk, apalagi di pulau yang terkenal dengan keindahannya? Jadi, mendingan simak aja deh beberapa kesalahan liburan di Bali yang bikin rencana asyik lo jadi kacau balau:

1.Liburan ke pantai waktu musim hujan deras

Di Indonesia, biasanya curah hujan tertinggi berlangsung antara bulan Desember-Februari. Waktu bulan-bulan ini, pantai-pantai di Bali, kayak Kuta misalnya, jadi agak kotor karena hujan yang deras dan sering turun.

Memang sih, kotornya enggak seberapa. Cuma, kalau tujuan lo memang pantai, enggak asyik aja kan kalau lo ke sana waktu musim hujan? Mau bersantai sambil berjemur, eh tiba-tiba mendung. Mau surfing, eh, hujan deras. Mau enggak mau, jadi harus berteduh deh sambil melihat rintik hujan.

So, mendingan lo pergi ke Bali saat enggak musim hujan. Dijamin deh, lo bakalan bisa menikmati hangatnya sinar matahari dan deburan ombak tepian pantai bareng si dia. Atau, lo juga bisa surfing dan melakukan hal lain di laut dengan nyaman. Asyik!

2.Enggak estimasi waktu dan jarak

Pulau Bali itu luas banget dan berbagai tempat wisata terkenal tersebar di banyak daerah. Nah, kalau tujuan lo cuma Legian-Nusa Dua aja, waktu dua hari sih cukup ya. Cuma kalau lo mau pergi ke Ubud, Besakih, Tampak Siring, Bali Zoo, bahkan Kintamani dalam waktu dua hari doang, yah, mending lo berharap dapet promo pintu ke mana saja-nya Doraemon.

Yap, jarak antara satu tempat dan tempat lain yang baru aja disebutin itu emang cukup jauh. Belum lagi kalau ada macet di tengah jalan, wah, bisa-bisa hari lo habis di jalan.

Jadi, mending lo lihat dulu, sebenernya berapa lama lo bisa di Bali? Sesuaikan tujuan wisata lo dengan durasi waktu liburan lo di sana ya. Realistis dan persiapkan jadwal dengan baik.

3. Liburan sama temen yang nyebelin

Yap, mau lo ke Bali, Jakarta, bahkan Antartika sekali pun, temen nyebelin itu enggak sebaiknya diajak buat liburan. Well, definisi nyebelin itu banyak sih. Misalnya nih, temen lo tukang ngerepotin, tukang manfaatin, tukang ngutang, manja, tukang ngatur, dan juga tukang boong.

Jangan sampai liburan lo yang seharusnya indah jadi ancur karena temen nyebelin ya. Alih-alih bisa refreshing, temen super nyebelin malah bikin pikiran lo ruwet dan duit lo abis. Sumpah, mending lo liburan sambil nyetel Youtube 4k tentang Pulau Bali daripada harus ke Bali sama temen ngeselin.

So, kalau lo mau open trip ke Bali atau mau ngajak temen, mending kepo dulu aja deh temen itu kayak gimana. Lebih aman lagi nih kalau lo ngajak temen yang emang udah lo kenal baik dari zaman dulu dan udah lo ketahui karakternya. Kalau temen-temen baik lo lagi sibuk, lo bisa sih liburan sendiri. Bali merupakan tempat yang aman kok buat liburan sendiri.

4. Salah milih penginapan

Enggak semua penginapan di Bali deket sama tempat wisata. Banyak orang yang kepincut sama tempat menginap murah, tetapi nyatanya, tempat itu jauh banget sama destinasi wisata favorit.

Nah, enggak semua sudut di Bali itu enak buat wisata. So, kalau lo mau booking hotel di Bali, mendingan lo lihat di peta deh dan pastikan kalau hotel itu lokasinya strategis serta deket sama tempat wisata yang memang mau lo kunjungi banget.

Tenang aja, ada banyak kok hotel yang memang berada di dekat tempat wisata, misalnya nih, kayak hotel-hotel yang ada di dekat Kuta atau Ubud. Kalau lo mau liburan model backpacker, lo bisa banget buat nginep di homestay, atau hotel yang sederhana. Bahkan ada banyak banget hotel sederhana di Bali yang strategis, bersih, dan ramah kantong.

5. Fokus ke destinasi, bukan menikmati suasana

Dipikir-pikir, terlalu banyak destinasi indah di suatu tempat bikin kita bingung. Orang-orang yang terlalu ambisius mengunjungi tempat-tempat hits saat berlibur bisa dibilang susah buat menikmati liburan seutuhnya. Yang ada malah, mereka justru cuma terobsesi buat foto-foto di tempat tertentu sebagai bukti kalau mereka pernah ke sana.

Kalau lo termasuk dalam tipe itu, yakin deh, liburan ke Bali enggak akan seasyik yang lo pikirin, soalnya, lo cuma berfokus gimana cara buat mencapai tujuan-tujuan tersebut secepat mungkin dan sesuai dengan waktu yang lo miliki di Bali, kemudian lo foto-foto dengan senyum yang fake.

Lo nggak akan benar-benar menikmati suasana di sana, karena lo dikejar sama waktu. Apalagi, kalau lo sebenernya enggak menikmati tempat-tempat tersebut, wah, bisa-bisa cuma dapet capek doang. Apa gunanya punya banyak kenangan liburan, tapi pikiran lo ga jadi jernih?

Daripada ngikutin tren tentang tempat hits, mendingan lo datangi tempat-tempat yang memang lo sukai. Lo suka persawahan dan kurang suka pantai? Daripada ikut-ikutan orang buat ke Kuta atau Sanur, mending lo pergi ke Ubud deh. Begitu juga sebaliknya.

Intinya, perhatikan tips di bawah ini supaya liburan lo di Bali enggak berubah jadi bencana

  • Jangan nekat dan kurang persiapan, apalagi soal uang. Backpacker pun juga harus punya cadangan uang walau tipe liburan mereka tipe murah
  • Jangan latah alias ikut-ikutan orang doang
  • Hindari lupa bawa barang penting
  • Hormat sama budaya asli. Jangan belagak sombong karena merasa lo turis
  • Jangan cuma kegoda harga murah, tapi enggak mikir jarak dan kondisi lain kayak musim.
  • Hindari nyari penginapan terlampau mahal, sampai lupa kalau di Bali mungkin lo bakal lebih sering jalan-jalan daripada berada di hotel. Kalau uang banyak sih, enggak masalah. Kalau terbatas?
  • Liat peta waktu lo booking hotel online

Nah, Bali itu indah dan pengalaman liburan di Bali seharusnya enggak terlupakan. Jadi, persiapkan diri sebaiknya dan jangan lupa untuk memperbanyak riset, ya.

Others

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*